Konsol Kalah Dengan PC di Era Kekinian Saat Ini

Konsol Kalah Dengan PC di Era Kekinian Saat Ini

September 13, 2021 0 By penulis penulis

Sebuah pertanyaan yang cukup logis diutarakan oleh para pecinta game, apalagi game console, mengapa konsol kalah dengan pc? Sbeuah pertanyaan yang sangat wajar apalagi mengingat fitur – fitur yang ada pada game console kadang membuat beberap pemain menjadi kurang bersemangat.

Namun, hal ini nampaknya menjadi sebuah pemantik juga bagaimana banyak pemain dari console yang beralih ke pc karena menemukan berbagai keunggulan yang tidak dapat ditemukan dari bermain konsol.

Selain itu ada beberapa alasan juga yang mendasari mengapa industri game console kini mulai ditinggalkan dan kalah bersaing dengan industri game pc. Namun, jika dibaca lebih lanjut sebenarnya dari segi statistik konsol kalah dengan pc hanya isapan jempol belaka.

Karena toh keberadaan dari game konsol tetap berada jauh lebih baik dan bahkan tidka pernah sebaik dari era sebelum-sebelumnya. Maka dari itu, untuk mulai menjabarkan sebuah alasan jika konsol kalah dengan pc tentunya butuh sebuah penjabaran yang sangat mendetail dan juga menyeluruh dari konsol kalah dengan pc.

Benarkah Konsol Kalah Dengan PC?

Karena kalau dilihat dari grafik dan lain-lain yang ada, pertumbuhannya sangatlah signifikan dari segi game console. Bahkan masih ada di atas game pc. Dengan demikian sangat jelas bahwa opini konsol kalah dengan pc perlu dibicarakan kembali. Karena butuh data dan fakta yang mendukung pernyataan ini sebelum mulai diklaim sebagai seuatu hasil yang sangat timpang penilainnya terutama dari segi game console.

Jika sudah begini maka membicarakan seputar konsol kalah dengan pc bisa jadi hanya wacana belaka. Karena pada faktanya kondisinya sangat jauh dari itu. Game console justru masi tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Hal ini karena game ini bernilai lebih mudah dimainkan dalam konsol kalah dengan pc.

Tidak hanya itu untuk memainkan game tersebut juga tidak perlu banyak cara susah hingga harus mengeluarkan banyak tenaga dan uang. Sehingga cukup dengan keberadaan console saja dan kamu sudah bisa memainkannya. Tentu saja cara ini bisa membaut siapapun lebih memilih konsol daripada pc.

Karena sudah pasti aman, nayaman, dan juga lebih mudah. Dengan begitu tidak perlu lagi susah agar menikmati setiap permainan konsol bisa langsung dilakukan saat ini juga dari konsol kalah dengan pc.

Dua konsol terkini sekarang, PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Seri X, miliki satu kecocokan. Yakni perform-nya yang lebih dekati PC.
Mesti dianggap, waktu berada penyeluncuran konsol baru, bisa banyak diskusi berkenaan perform konsol itu dibanding kekuatan PC dalam permainkan permainan. Umumnya, dalam perbedaan ini, PC di angkatan itu menang terus jauh. Paling tidak itu yang terjadi waktu Sony melansir PS4 di 2013 dalam konsol kalah dengan pc.

Tahun 2021 Jadi Awal Yang Baik Untuk Console

Tapi di tahun 2021 ini, waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan, perform-nya tidak jauh terpaut ketimbang PC. Sampai apabila dibanding dengan PC di kelas harga yang serupa, perform dua konsol itu jadi bertambah tinggi dalam konsol kalah dengan pc.

Waktu PS4 dikeluarkan, banyak yang mencibir konsol itu lantaran perform-nya cuman sama dengan PC (hampir) kelas bawah. Chip grafis PS4 cuman sama dengan Radeon HD 7850, ketika itu harga USD 140, alias lebih rendah dari elemen kelas menengah di abadnya.

Berarti, pada harga yang serupa, pemakai dapat membuat PC dengan kekuatan komputasi yang bertambah tinggi ketimbang PS4. Tapi saat ini dengan PS5, rasanya sukar membuat PC pada harga di bawah Rp 10 juta yang sanggup permainkan permainan dengan resolusi 4K secara lancar dan frame rate konsol kalah dengan pc yang tidak rendah-rendah benar-benar.

Apa yang memilah di antara konsol sekarang dengan konsol angkatan awalnya? Elemen PC yang chipnya difungsikan oleh Sony dan Microsoft di konsol bikinannya.

Waktu PS4 dan Xbox One dikeluarkan, keadaan AMD dapat dikatakan tidak terlampau bagus. Elemen bikinannya miliki perform yang kalah ketimbang elemen bikinan Intel, lawannya. Parahnya, chip Jaguar AMD yang diperlukan di konsol jadi versi lambat dari CPU buat PC, yang perform-nya tidak juga terlalu bagus untuk hal konsol kalah dengan pc.

Sementara waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan, perform AMD lagi bagus-bagusnya. Jejeran processor Ryzen mereka miliki perform yang tinggi, bertambah tinggi ketimbang jejeran processor bikinan Intel. Begitu pula dengan GPU AMD yang relatif berkompetisi dengan GPU bikinan Nvidia.

PS5 Sebagai Console Game Terbaru Paling Diburu

Karena itu, waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan dengan gabungan CPU Zen 2 dan GPU RDNA 2, perform ke-2  konsol ini relatif berkompetisi ketimbang PC yang ada. Tidak hanya itu, ke-2  konsol ini juga memakai penyimpanan yang paling cepat, setingkat atau sampai lebih cepat ketimbang yang ada buat PC sekarang.

Tapi memanglah diskusi di antara PC dan konsol rasanya tidak adil apabila cuman mengulas kekuatan komputasi. Pasalnya ke-2 nya memanglah dua produk yang lain, di mana PC miliki kekuatan beragam yang tidak selalu buat main permainan yang membuat konsol kalah dengan pc.

Sementara konsol cuman dapat difungsikan main permainan (dan beberapa kesibukan selingan lain seperti saksikan video). Karena itu pengalaman pemakainya memanglah dimaksimumkan buat kepentingan itu.

Tak cuma itu buat mainkan permainan itu pun tak usah banyak langkah sulit sampai harus keluarkan banyak tenaga dan uang. Maka cukup hanya dengan kemunculan console saja dan kamu bisa memainkan. Tentunya cara berikut dapat membaut siapa saja cenderung menunjuk konsol ketimbang pc.

konsol kalah dengan pc

konsol kalah dengan pc

Lantaran telah dipastikan aman, nayaman, juga lebih gampang. Dengan demikian tak butuh sulit supaya nikmati tiap permainan konsol langsung bisa dikerjakan waktu ini juga.

Dua konsol teranyar saat ini, PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Seri X, punyai satu kesamaan. Yaitu perform-nya yang lebih mendekati PC.

Harus dirasa, waktu ada peluncuran konsol anyar, dapat banyak dialog terkait perform konsol itu ketimbang kemampuan PC dalam mainkan permainan. Kebanyakan, dalam ketaksamaan ini, PC di angkatan itu terus menang jauh. Sekurang-kurangnya itu yang terjadi waktu Sony merilis PS4 di 2013.

Beberapa waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan, perform AMD kembali bagus-bagusnya. Deretan prosesor Ryzen mereka punyai perform yang tinggi, semakin bertambah tinggi dibandingkan dengan deretan prosesor produksi Intel. Begitu halnya GPU AMD yang relatif berlomba dengan GPU produksi Nvidia untuk bersaing dalam konsol kalah dengan pc.

Kemampuan Console Produksi Sony

Namun memang dialog antara PC dan konsol rasanya tak adil jikalau hanyalah membicarakan kemampuan komputasi. Pasalnya kedua nya memang dua produk yang lainnya, di mana PC punyai kemampuan bermacam yang tidak mesti buat main game di dalam konsol kalah dengan pc.

Lantaran itu, waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan dengan campuran CPU Zen 2 dan GPU RDNA 2, perform kedua konsol ini relatif berlomba dibandingkan dengan PC yang ada. Tak cuma itu, kedua konsol ini pun menggunakan penyimpanan yang tercepat, satu tingkat atau hingga bisa semakin cepat dibandingkan dengan yang ada buat PC sekarang ini.

Namun pada tahun 2020 ini, waktu PS5 dan Xbox Seri X dikeluarkan, perform-nya tak terpaut jauh dibandingkan dengan PC. Hingga jikalau ketimbang dengan PC di kelas harga yang mirip, perform dua konsol itu dapat menjadi semakin bertambah tinggi.

Flashback Awal Mula Console vs PC

Waktu PS4 dikeluarkan, banyak yang mencibir konsol itu karena perform-nya hanyalah sama dengan PC (nyaris) kelas bawah. Chip grafis PS4 hanyalah sama dengan Radeon HD 7850, sewaktu itu harga USD 140, alias lebih rendah dari unsur kelas menengah di abadnya.

Mempunyai arti, dengan harga yang mirip, pengguna bisa membikin PC dengan kemampuan komputasi yang semakin bertambah tinggi dibandingkan dengan PS4. Namun waktu ini dengan PS5, rasanya susah membikin PC dengan harga di bawah Rp 10 juta yang dapat mainkan permainan konsol kalah dengan pc dengan resolusi 4K secara lancar dan frame rate yang tak rendah-rendah betul-betul.

Apa yang membagi antara konsol saat ini dengan konsol angkatan mulanya? Unsur PC yang chipnya dimanfaatkan oleh Sony dan Microsoft di konsol kalah dengan pc dan persaingannya yang terbuka ini.